Tutup Iklan
ObatKolesterol
“Bunda” di Larang dalam Islam.

“Bunda” di Larang dalam Islam.

Rakhmat RM
19 Agu 2018
Dibaca : 912x

Guebanget.com - Wah, apa maksudnya ya guys, dengan kata tersebut. Ya seperti yang kita ketahui saat ini, banyak dan marak sekali panggilan “ Bunda” buat para ibu – ibu baik itu oleh anak sendiri atau sekedar buat trend saja dikalangan sosialita atau medsos atau trend panggilan saat ini.

Mungkin panggilan “Bunda” sudah menjadi biasa apabila sang anak yang memanggil namun kalau orang lain yang bukan sedarah bagaimana juga ya?.

Panggilan untuk seorang ibu, yang saat ini populer dikalangan melinial adalah “Bunda”. Namun itu bisa dipanggil oleh siapa saja sebagai keakraban sesama kadang mereka memanggil dengan sebutan bunda seperti suatu tradisi yang saat ini menjadi trend di masyarakat kita.

Sesuatu yang menjadi trend dan dianggap bagus selama masalah tersebut tidak dilarang oleh Allah didalamnya (Majmuah Al- Fatawa, 4:196)

Seorang Syaik Saad Bin Nashir Asy-Syatsri berkata “ hukun asal adat adalah boleh, tidak kita katakan wajib,tidak pula haram. Ada dalil hukum yang memerintah dan dalil yang melarang seperti (Syarh Al-Munzhumah As-Sadiyyah,hal.88).

Sedangkan untuk panggilan “Bunda” sama sekali tidak ada dalil tegas yang melarang hal tersebut dilakukan.

Namun ada sebagian golongan  bahwa panggilan “Bunda” merupakan panggilan buat Maria dikalangan Nasrani, yaitu Bunda Maria.

Patokan Tasyabbuh (meniru-niru) menurut Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin  berkata; “ Patokan tasyabbuhadalah jika melakukan sesuatu yang menjadi kekhusussan oran yang ditiru”.

Apakah bila ada orang yang memanggil ibunya dengan bunda lantas dituduh orang tersebut kasif. Dan dilarang karena itu ajaran orang nasrani.

Mungkin ini termasuk hal yang sepele dan biasa namun sarat dengan maknanya, apabila kita salah menafsirkannya.

Wallahualam, semoga kita semua bisa menyikapi dengan bijaksana dan bermaat bagi semua umat muslim.

#Tagar Berita

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Berita Terpopuler
Foto Selebriti
Polling
Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2019-20124
#Tagar
Berita Netizen Terupdate
Copyright © 2019 GueBanget.com - All rights reserved
Copyright © 2019 GueBanget.com
All rights reserved
Tutup Iklan
Hijab