Tersenyumlah…! dan Rasakan 4 Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Tersenyumlah…! dan Rasakan 4 Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Zeal
9 Des 2017
Dibaca : 927x

GueBanget - Dalam ajaran Islam, tersenyum merupakan saah satu sedekah bagi yang melakukannya. Sebagaimana dalam hadits yang artinya: “Tersenyum  kepada saudaramu, merupakan sedekah”. (HR. At-Tirmidzi). Beberapa ahli menyatakan diperlukan 62 otot untuk cemberut dan hanya 26 otot untuk tersenyum. Namun beberapa lainnya menyebutkan diperlukan 43 otot untuk cemberut dan hanya 17 otot untuk tersenyum. Ternyata otot kita akan menjadi lebih rileks dengan tersenyum dibanding dengan cemberut yang menjadikan otot-otot wajah kita lebih tegang. Nah, selain itu, ada beberapa manfaat tersenyum yang dapat Anda dapatkan. Berikut 4 manfaat yang dapat Anda dapatkan dari tersenyum.

Senyum bisa meredakan stress

Sebagaimana penelitian yang telah dilakukan oleh Tara Kraft, psikolog dan peneliti dari Universitas Kansas, ia melakukan penelitan terhadap para mahasiswa yang sedang cemas karena harus mengerjakan sejumlah tugas yang membuat stres. Ternyata ketika mereka diminta melakukan terapi senyuman, para mahasiswa itu mengaku rasa tertekan yang dialami sedikit berkurang.

Senyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tersenyum dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Ketika tubuh dan pikiran rileks, maka sistem kekebalan tubuh pun akan bekerja lebih baik, sehingga imun tubuh kita meningkat. Imun tubuh sangat bermanfaat dalam melawan berbagai penyakit yang menyerang tubuh kita.

Senyum menurunkan tekanan darah

Ketika dalam keadaan tegang, jantung akan memompa darah menjadi lebih cepat, sehingga tekanan darah pun menjadi lebih tinggi. Sebaliknya, ketika kita tersenyum dan dalam keadaan rileks, maka jantung pun akan memompa darah secara normal, sehingga tekanan darah pun menjadi lebih rendah dibanding saat kita tegang.

Senyum bisa melepaskan endorfin dan serotonin

Hormon endorfin dan serotonin ini cenderung memberi efek rileks, mengubah mood menjadi lebih baik dan biasanya membantu meredakan ketegangan saraf akibat mengalami tekanan yang berlebihan dan kuat. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk melepaskan hormon endorfin dan serotonin ini adalah dengan tersenyum atau menonton acara humor yang membuat Anda tertawa, bercengkrama dengan teman atau keluarga, berwisata,menari dan mendengarkan musik ceria.

Bagaimana, sudah siap untuk selalu tersenyum dalam keadaan tertekan sekalipun ? tersenyumlah dengan tulus dan rasakan berbagai manfaatnya bagi tubuh Anda. [Ismut/Red]

 

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Berita Terpopuler
Polling
Kamu Suka Raisa atau Isyana?
Foto Selebriti
#Tagar
Berita Netizen Terupdate
Copyright © 2020 GueBanget.com - All rights reserved
Copyright © 2020 GueBanget.com
All rights reserved