Cegah Hipertensi, Sakit Jantung dan Stroke dengan Cara Ini ...

Cegah Hipertensi, Sakit Jantung dan Stroke dengan Cara Ini ...

Retno Indri
11 Des 2017
Dibaca : 893x

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan suatu penyakit yang dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan benar. Hipertensi sering dikaitkan dengan pola makan yang tidak sehat sehingga menyebabkan tekanan darah tidak stabil. Konsumsi makanan sehat dapat membantu mengontrol tekanan darah dan juga dapat menurunkan risiko terserang penyakit jantung dan stroke akibat hipertensi. Gaya hidup sehat juga ternyata sangat mempengaruhi tekanan darah. Gaya hidup sehat yang dapat dilakukan seperti menjaga berat badan, tidak merokok, melakukan olahraga, tidak mengonsumsi alkohol. Jika memang sudah terkena hipertensi sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah dan obati dengan obat herbal hipertensi yang tepat dan aman.

Mengonsumsi makanan sehat

Pilihlah makanan sehat seperti mengonsumsi buah dan sayur segar agar dapat membantu mencegah terjadinya hipertensi dan penyakit komplikasi. Batasi mengonsumsi garam, dengan cara :

  • Lihat komposisi label makanan yang dibeli
  • Batasi konsumsi makanan cepat saji
  • Ganti garam dengan rempah-rempah saat mengolah makanan serta jumlah garam maksimal untuk dikonsumsi yaitu 1 sendok teh atau 2300 mg.
  • Kurangi konsumsi garam secara bertahap

Berhenti Merokok

Rokok mengandung banyak zat berbahaya untuk tubuh dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mematikan salah satunya kanker. Merokok juga dapat meningkatkan tekanan darah dan berisiko tinggi mengalami serangan jantung dan stroke.

Menjaga Berat Badan

Berat badan berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko terjadinya hipertensi. Hitungan Indeks Masa Tubuh (IMT) untuk mengetahui berat badan ideal. Kondisi berat badan juga bisa dilakukan dengan cara mengukur lingkar pinggang. Lingkar pinggang normal adalah :

  • Pria memiliki lingkar pinggang normal tidak lebih dari 102 cm
  • Wanita memiliki lingkar pinggang normal tidak lebih dari 89 cm

Melakukan Aktifitas Fisik

Rutin melakukan aktifitas fisiko seperti olahraga dapat membantu mengontrol berat bada agar tetap dalam kondisi ideal dan menurunkan tekanan darah. Sebaiknya melakukan aktifitas seperti jalan cepat, jogging, bersepeda dan berenang secara rutin 30 menit setiap hari.

 

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Berita Netizen Terupdate
Copyright © 2020 GueBanget.com - All rights reserved
Copyright © 2020 GueBanget.com
All rights reserved