Skripsi Selesai Cepat, Siapa Takut !

Skripsi Selesai Cepat, Siapa Takut !

Arrazaak
24 Nov 2017
Dibaca : 566x

Menulis skripsi dengan cepat dan berkualitas tentu menjadi dambaan setiap mahasiswa. Namun kenyataannya banyak yang berlarut-larut hingga tidak jarang ada yang sampai beberapa semester baru bisa menyelesaikan skripsi. Karena itu kita bagi 8 kiat jitu untuk mahasiswa tinggkat akhir yang akan menghadapi skripsi, agar kalian bisa menyelesaikan Skripsi tepat waktu.

1.     Mencari Topik

Pastikan beberapa bulan sebelum mengambil Skripsi kalian telah memiliki topiknya. Karena kalian akan memiliki banyak alternatif bila ditolak oleh calon pembimbing. Salah satu cara singkat agar kalian punya topik adalah dengan banyak membaca laporan Skripsi yang sudah ada.

2.     Mencari Pembimbing Yang Baik

Pastikan kalian telah mendekati salah satu calon pembimbing untuk meminta kesediaan mereka menjadi pembimbing Skripsi kalian. Sekali pembimbing kalian menyatakan bersedia membimbing dengan topik Skripsi yang kalian tawarkan, maka sudah sangat membantu kesuksesan kalian berikutnya.

3.     Konsultasi

Konsultasikan secara intensif kepada dosen pembimbing Skripsi. Ketika ada revisi, langsung diperbaiki dan konsultasi lagi. Pastikan kalian dengan tekun melakukan itu sampai pembimbing menyatakan siap dan layak untuk diujikan.

4.     Mentaati Ketentuan Penyusunan Skripsi

Proposal dan skripsi yang kalian buat harus benar-benar sesuai dengan format dan ketentuan yang telah ditentukan di Fakultas/Program Studi/Jurusan kalian, sehingga tidak ada yang salah tulis.

5.     Mengusai Materi

Pastikan bahwa kalian benar-benar pahan dengan isi Skripsi tersebut. Inti dari Skripsi adalah  “mengajukan pemecahan masalah” sebuah topik riset yang akan di-review oleh dosen penguji Skripsi.

6.     Konsisten

Jangan buang-buang waktu, langsung kalian tancap gas dengan menggarap bab I, II, hingga bab terakhir. Karena hal ini penting dilakukan agar kalian tetap bisa menjaga ritme dan semangat dalam mengerjakan skripsi.

7.     Tetap Semangat

Ibarat tanaman, biasanya di sekitar tanaman tersebut akan tumbuh tanaman pengganggu alias parasite yang mengganggu pertumbuhan. Ketika kalian menjalani proses Skripsi, tidak jarang akan menghadapi berbagai “penggangu” yang bisa menghalani kelancaran Skripsi. Halangan tersebut bisa berupa jenuh, malas, pekerjaan, dan dalam bentuk lain yang kadang tidak di sadari. Untuk itu pastikan kalian bisa “membabat” habis semua parasite tersebut, sehingga “tanaman” skripsi kalian bisa tumbuh berkembng dengan cepat sesuai harapan.

 

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Berita Netizen Terupdate
Copyright © 2019 GueBanget.com - All rights reserved
Copyright © 2019 GueBanget.com
All rights reserved