Tutup Iklan
ObatKolesterol
Stunting : "Penyebab dan Cara Mencegahnya"

Stunting : "Penyebab dan Cara Mencegahnya"

Drupadi Aksara
29 Jan 2018
Dibaca : 1011x

        Stunting adalah keadaan tubuh yang cenderung pendek dilihat dari standar baku WHO-MGRS (multicentre growth reference study) akibat kekurangan asupan gizi pada saat masih janin. Mungkin selama ini kita kurang akrab dengan istilah stunting, tapi perlu diketahui jika Indonesia adalah negara ke lima terbanyak dengan jumlah anak dalam kondisi stunting menurut WHO. Menurut WHO, ada sekitar 178 juta anak di bawah usia lima tahun yang mengalami pertumbuhan terhambat akibat stunting.

         Ada beberapa cara untuk mencegah stunting pada anak yang perlu diketahui oleh ibu hamil, yaitu :

1) Ibu hamil perlu banyak menambah pengetahuan mengenai kesehatan gizi untuk janin dan calon bayi pada masa kehamilan, terutama di usia awal kehamilan 1-3 bulan

2) Perbanyak makanan bergizi terutama vitamin dari buah-buahan. Perbanyak pengetahuan juga tentang makanan bergizi dan aksesnya.

3) Salah satu penyebab stunting adalah terbatasnya layanan kesehatan termasuk layanan AC- Ante Natal Care (Layanan kesehatan untuk ibu pada masa hamil) dan Post Natal (setelah kelahiran). Untuk itu Ibu Hamil perlu memperbanyak informasi tentang hal tersebut bersama suami.

4) Pastikan Ibu Hamil medapat akses air bersih dan juga sanitasi yang memadai.

          Stunting bisa dicegah dengan perbaikan gizi janin oleh ibu hamil. Nah, sangat diperlukan peran kita semua untuk saling memberikan informasi untuk perkembangan janin terutama asupa gizi ibu hamil untuk mencegah anak mengalami stunting ketika sudah bertumbuh. Yuk sebarkan!

Foto Galeri Dian Sastro

Dian Sastro Model

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Berita Netizen Terupdate
Copyright © 2019 GueBanget.com - All rights reserved
Copyright © 2019 GueBanget.com
All rights reserved
Tutup Iklan
SabunPemutih