Tutup Iklan
ObatKolesterol
TRENSAINS : Pendidikan Pesantren dan Sains

TRENSAINS : Pendidikan Pesantren dan Sains

Nur Atinal Khusna
16 Okt 2017
Dibaca : 1176x

Trensains (Pesantren Sains) adalah konsep sekolah yang tidak menggabungkan materi Pesantren dengan ilmu umum sebagaimana pesantren modern lainnya, melainkan lebih mengutamakan ilmu pesantren dengan ilmu sains. Trensains mengambil kekhususan pada pemahaman Al Qur'an, Al Hadist , dan Sains kealaman (natural science) serta interaksinya. Poin terakhir, interaksi antara agama dan sains merupakan materi khas Trensains yang tidak ada pada pesantren modern.

Pesantren Sains (Trensains) adalah sebuah konsep pesantren yang disintesakan dengan Sekolah Menengah Umum yang bertujuan untuk mengkaji sains kealaman secara mendalam, baik melalui pembelajaran, penelitihan ilmiah maupun percobaan-percobaan ilmiah yang mengacu pada ayat-ayat kauniyah.

SMA Trensains (Pesantren Sains) Tebuireng merupakan  salah satu unit pendidikan  di Pesantren Tebuireng yang didirikan  pada tahun 2014 oleh Dr. (HC). Ir. KH. Salahuddin Wahid (Pengasuh Pesantren Tebuireng) hasil kerja sama dengan KH. Agus Purwanto, D.Sc penggagas konsep Pesantren Sains (Trensains) yang sekaligus ilmuwan di bidang fisika teoritik dari ITS Surabaya.

SMA Trensains Tebuireng merupakan lembaga pendidikan yang mengimplementasikan pemikiran dari KH. Agus Purwanto, D.Sc dalam wacana perkembangan islamisasi ilmu kontemporer dengan menempatkan ayat-ayat al Qur’an sebagai sumber ilmu pengetahuan. Sedangkan  pemgembangan kurikulum SMA Trensains diarahkan untuk memfasilitasi gagasan tersebut pada tataran  implementasi, serta diarahkan untuk mewujudkan amanat undang-undang sebagimana yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2003.

Tenaga pendidik SMA Trensains Tebuireng terdiri dari lulusan strata satu (S-1)  dan magister  (S-2) yang mayoritas berasal dari PTN (Perguruan Tinggi Negeri), semua tenaga pendidik tersebut mendapatkan bimbingan langsung dari  penggagas Trensains yaitu KH. Agus Purwanto, D.Sc Alumni Universitas Hirosima Jepang yang sekaligus ilmuwan bidang  Fisika Teoritik dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, sedangkan pada bidang pengembangan pembelajaran,  seluruh tenaga pendidik SMA Trensains Tebuireng  mendapatkan bimbingan langsung dari Konsultan Ahli bidang kurikulum  yaitu  Prof. Dr. H. Suyono, M.Pd.  dekan Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya.

Informasi tersebut dapat dilihat pada profil SMA Trensains Tebuireng yang dapat ditemukan pada link www.smatrensains.sch.id.

Profil dari lulusan Trensains Tebuireng antara lain:

1. Fasih membaca Al Qur’an dengan hafalan beberapa ayat-ayat pilihan (kauniyah).

http://4.bp.blogspot.com/-ZQVU1kzanAY/U7NsZGAYtGI/AAAAAAAABn4/TsViEcLX_C4/w1200-h630-p-k-no-nu/santri+trensains+%25282%2529.JPG

2. Lancar berbicara dalam bahasa Inggris dan memiliki skor TOEFL.

http://3.bp.blogspot.com/-8uwko_Jj_aQ/VZS9IAiV_2I/AAAAAAAACUk/b_Aui-A1jBQ/s1600/DSC06143.JPG

3.Lancar berbicara dan membaca teks Arab.

http://2.bp.blogspot.com/-Pdx6xOnn_GE/Vj2CKbg6qJI/AAAAAAAACnM/ovfjIUHgi_I/s1600/Profile%2BTrens%2BCover1.png

4. Menguasi sains dan memahami interaksi antara agama dan sains.

https://2.bp.blogspot.com/-yu2PxI3G7NE/WbKLsMoIMNI/AAAAAAAADtg/4a6rmzfLS7QzNo2W4Rrymf6KJoqCI6qtACLcBGAs/s1600/observasi-Trensains-ke-ITS.jpg

Dengan didirikannya pesantren tersebut, penggagas dan pengurus Trensains berharap bangsa Indonesia memiliki wawasan ilmu pengetahuan agama dan sains yang seimbang, dan dapat menjadi ilmuan-ilmuan yang berasal dari Negara Indonesia tercinta.

Apakah kalian sebagai anak muda tertarik dengan Trensains?

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Berita Netizen Terupdate
Copyright © 2019 GueBanget.com - All rights reserved
Copyright © 2019 GueBanget.com
All rights reserved
Tutup Iklan
glowhite