Jogging : Rutinitas Olahraga Anak Muda Jaman Now

Jogging : Rutinitas Olahraga Anak Muda Jaman Now

Nur Atinal Khusna
5 Nov 2017
Dibaca : 1509x

Sebagian anak muda jaman now terlalu sibuk menggunakan gadget, dan lupa akan kesehatan tubuhnya. Cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, tidak hanya berasal dari makanan atau minuman, tapi juga perlu olahraga. Salah satu olahraga yang paling murah, popular, cukup berbekal kemauan, dan jika diperlukan hanya membutuhkan perlengkapan seperti sepatu lari dan kaos yang nyaman, adalah jogging.

Sebenernya, gadget juga bisa digunakan untuk jogging lho Guys.

Jogging atau disebut sebagai aktivitas lari kecil yang umumnya memiliki tujuan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Banyak orang yang mengistilahkan jogging sama dengan lari santai. Namun jogging berbeda dengan aktivitas lari. Dr. George Sheehan yang merupakan pakar di bidang jogging mendefinisikan, jogging adalah aktivitas berlari dengan kecepatan di bawah 6 mil/jam atau sekitar 9,7 km/jam. Di atas kecepatan itu bisa disebut lari.

Kini jogging sudah seperti menjadi kebutuhan primer bagi manusia, yang dapat dilakukan selama 20-30 menit setiap harinya. Tentu saja, tidak wajib tiap hari juga, hal itu tergantung dari kondisi tubuh dan waktu luang yang dimiliki. Jogging tidak boleh dilakukan secara berlebih, karena dapat menimbulkan kelainan atau gangguan pada organ tubuh kita. Bahkan tidak semua orang bisa melakukan jogging. Diantanya orang yang mempunyai riwayat penyakit maag, biasanya mereka tidak tahan dengan jalan cepat apalagi lari-lari kecil seperti jogging.

Jogging dapat dilakukan di tempat olahraga, taman, kompleks perumahan, atau tempat manapun yang aman untuk pejalan kaki dan terhindar dari keramaian kendaraan bermotor. Kita bisa melakukannya sendiri, ataupun dengan orang tua tercinta, saudara, keluarga, pacar, dan teman dekat kita. Tak hanya itu, jogging masal juga pernah dilakukan oleh sebagian masyarakat. Sebelum melakukan jogging, sebaiknya kita pemanasan terlebih dahulu.

Bagi orang yang masih bagus kondisi fisiknya, jogging dapat dilakukan kapanpun dan memiliki manfaat yang bisa didapatkan ketika melakukan aktivitas ini, diantaranya sebagai berikut:

1. Memperbaiki kualitas tidur

2. Menjaga kesehatan jantung

3. Membakar kalori dalam tubuh

4. Membentuk tubuh ideal

5. Kulit terlihat lebih cerah

6. Mampu identifikasi gejala penyakit

7. Meningkatkan konsentrasi

8. Memperbesar betis dengan alami

9. Melancarkan siklus menstruasi

10. Meningkatkan nafsu makan

11. Paha lebih berisi

12. Mengatasi sesak nafas

13. Memperkuat tulang kaki

Jogging tidak hanya efektif bagi kesehatan fisik, namun menyeimbangkan kebutuhan mental seperti berikut:

1. Bersemangat sepanjang hari

2. Meningkatkan produktifitas kerja

3. Berumur lebih panjang

4. Meningkatkan rasa percaya diri

5. Lebih bersosialisasi

6. Menjadi pribadi yang giat

7. Terhindar dari stress

Banyak sekali bukan manfaat jogging yang bisa kita dapatkan? Bukan cuma bermanfaat bagi kesehatan fisik tapi juga keseimbangan mental. Bukan cuma bermanfaat bagi kesehatan tubuh namun bisa membuat penampilan kita lebih ideal. Mari kita lakukan kebiasaan yang baik ini menjadi bagian dari rutinitas mulai dari sekarang! Come on Guys!

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Berita Terpopuler
Polling
Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2019-20124
Foto Selebriti
#Tagar
Berita Netizen Terupdate
Copyright © 2019 GueBanget.com - All rights reserved
Copyright © 2019 GueBanget.com
All rights reserved